PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL
PENDIDIKAN INKLUSIF
SUMARYANTA
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS SAINTEK
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Program Pembelajaran Individual (PPI)
Untuk menunjang keberhasilan ABK belajar maka diselenggarakan program pembelajaran individual (PPI)
ABK mempunyai PPI yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa per individu
Dengan adanya PPI diharapkan peserta didik dapat belajar optimal dengan materi belajar yang lebih sesuai dengan kekhususannya
TAHAP MEMBUAT PPI
Membuat deskripsi kasus
¡ Guru membuat deskripsi mengenai kondisi peserta didik, yang berisi kemampuan peserta didik dalam akademik maupun non akademik serta kesulitan/kelebihan peserta didik
Langkah-langkah penyusunan PPI
¡ Menentukan kemampuan siswa saat ini. Dalam hal ini perlu dilihat kelebihan dan kekurangan anak
¡ Setelah itu menentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang ingin dicapai untuk anak tersebut.
¡ Memilih strategi dan setting pembelajaran yang paling sesuai dengan kelebihan-kekurangan anak dan tujuan yang ingin dicapai.
¡ Merinci langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.
¡ Memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk anak agar dapat mencapai tujuan jangka pendeknya.
¡ Menguraikan prosedur evaluasi sejalan dengan pencapaian tujuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar