Jumat, 06 Januari 2012

presentasi

ADAPTASI PENILAIAN SECARA TEORITIS

Mengapa dan Bagaimana Adaptasi terhadap Penilaian Dilakukan ?

Sebagai salah satu komponen dalam kurikulum, evaluasi atau penilaian menjadi hal yang perlu untuk dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penilaian menjadi penting karena menjadi tolak ukur bagi keberhasilan proses pembelajaran. Selain itu penilaian ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi bagi siswa terhadap usahanya dalam belajar selama mengikuti pembelajaran. Bila dikaitkan dengan pendidikan matematika inklusif, maka akan sampai pada pembahasan adaptasi terhadap proses penilaian karena harus disesuaikan dengan kekhususan yang ada dalam pendidikan inklusif., maka penilaian yang diadaptasi ini juga harus mencakup ketiga aspek tersebut.

  • Sedangkan teknis adaptasi itu sendiri spesifik sesuai dengan kekhususan kondisi yang dihadapi. Adaptasi tersebut meliputi :
  • 1. Adaptasi dalam cara
  • 2. Adaptasi dalam waktu
  • 3. Adaptasi dalam isi
  • 4. Adaptasi dalam cara, waktu, dan isi.

1. Adaptasi Cara

Dalam melakukan penilaian matematika yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan anak didik, salah satunya adalah dengan adaptasi cara penilaian

Salah satu metode atau cara adaptasi penilaian yang diterapkan kepada anak cerdas luar biasa adalah penilaian menggunakan modul.

Sistem Evaluasi Modul

  • Selain EBTA (Evaluasi Belajar Tahap Akhir) yang biasa diberikan pada akhir jenjang pendidikan, juga dikenal berbagai macam tes yang dipakai untuk mengevaluasi hasil belajar, yaitu :
  1. Tes Formatif
  2. Tes Unit
  3. Tes Sumatif
  • Tes Formatif

Tes ini diberikan pada setiap akhir modul.

  • Tes Unit

Tes ini diberikan setelah beberapa modul diselesaikan dengan baik, dan jumlah modul ini tergantung pada kebulatan konsep atau pengetahuan yang dikandung oleh modul-modul tersebut.

  • Tes Sumatif

Tes ini diberikan pada akhir semester, yang isinya mencakup tujuan instruksional yang terdapat dalam modul semester yang bersangkutan.

2. Adaptasi Isi

Adapun adaptasi penilaian yang terkait isi, dilakukan dengan memodifikasi aspek penilaian dalam pembelajaran matematika, yang meliputi : pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah. Adaptasi isi penilaian ini disesuaikan dengan kondisi peserta didik sehingga dapat ditambah dengan aspek-aspek yang lain yang dianggap memenuhi standar penilaian bagi peserta didik.

3. Adaptasi Waktu

Adaptasi waktu ini dilakukan sesuai dengan adaptasi cara yang digunakan. Bisa dilakukan di awal proses pembelajaran, pada tengah-tengah atau bahkan pada akhir pembelajaran.

Adaptasi waktu dilakukan seefisien mungkin agar banyak waktu yang berguna dan bermanfaat dan tidak banyak waktu yang terbuang.

§ Adaptasi Waktu, dibagi beberapa cara :

1. Pengayaan (Enrichment)

2. Percepatan (Acceleration), dibagi menjadi :

a. Early admission (masuk lebih awal)

b. Advanced Placement (naik kelas sebelum waktunya, memepercepat waktu kenaikan kelas)

c. Advanced Courses (mempercepat pelajaran)

3. Pengelompokan khusus.

4. Adaptasi cara, waktu, dan isi

  • Merupakan kombinasi dari ketiga adaptasi yang telah dipaparkan tadi.
  • Menggunakan berbagai cara penilaian (modul ataupun tes) yang dilakukan seefisien mungkin namun juga telah mencakup semua materi penilaian.

DAFTAR PUSTAKA

  • Tirtonegoro, Sutratinah.2006.Anak Supernormal dan Program Pendidikannya.Jakarta:Bumi Aksara
  • James, Amy.2011.School Succes for Children with Special Needs. San Fransisco:Jossey-Bass.Inc

Tidak ada komentar: