Kamis, 12 Januari 2012


LAPORAN PRAKTIKUM MATA KULIAH STRATEGI

PEMBELAJARAN MATEMATIKA

PEMBUATAN ALAT PERAGA “PAPAN VEKTOR”

A. Pendahuluan

Berkembangnya sistem pembelajaran dalam dunia pendidikan menuntut konsekuensi lebih dalam semua hal untuk melengkapi perkembangan tersebut, termasuk kelengkapan sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Dalam hal ini yang menjadi sorotan adalah keberadaan alat peraga sebagai penunjang proses pembelajaran. Terkait pembelajaran matematika maka keberadaan alat peraga yang pada umumnya masih jarang, sebenarnya sangat dibutuhkan. Menanggapi tantangan tersebut, munculah sebuah gagasan untuk membuat alat peraga yang mampu menunjang proses pembelajaran matematika terutama pada materi vektor, meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian vektor.

B. Pembahasan

1. Nama alat peraga

Nama alat peraga ini adalah “Papan Vektor”

2. Kegunaan

Kegunaan dari alat peraga ini adalah memudahkan proses pembelajaran, meliputi membantu guru dalam menjelaskan maupun membantu siswa untuk memahami materi pelajaran dengan lebih mudah, utamanya dalam materi vektor. Kebanyakan siswa menganggap bahwa materi ini sulit untuk dipahami. Hal ini salah satunya karena vektor merupakan materi yang membutuhkan imajinasi ataupun membayangkan dalam pembelajarannya. Sedangkan seringkali siswa kurang mampu merepresentasikan pemahamannya melalui imajinasinya. Sehingga dibutuhkan sebuah perantara untuk mengantarkan materi ini kepada pemahaman siswa, yaitu melalui alat peraga, sebagai sarana untuk memvisualisasikan materi.

3. Alat dan Bahan

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan alat ini antara lain :

a. Triplek 2 lapis berbentuk persegi dengan ukuran sisi-sisinya 1,2 m dan 1,1 m.

b. Paku baja sebanyak 400-450 buah paku.

c. Per plastik sebanyak 6 buah (sebagai representasi vektor).

d. Cat berbagai warna.

e. Kertas angka yang dilaminating.

Sedangkan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan alat ini antara lain :

a. Gergaji kayu.

b. Palu besi.

c. Penggaris ukuran 1 m.

d. Pensil tukang.

e. Kuas.

f. Gunting.

4. Prosedur Pembuatan

Adapun prosedur pembuatan alat peraga “papan vektor” ini adalah sebagai berikut :

a. Menyiapakan segala kebutuhan termasuk alat dan bahan.

b. Mengukur triplek sesuai kebutuhan sekaligus menggambarkan polanya sehingga memudahkan dalam proses pemotongan.

c. Memotong triplek sesuai ukuran dengan gergaji kayu.

d. Menyatukan triplek 2 ukuran dengan cara ditumpuk kemudian di paku.

e. Membuat desain papan vektor dengan pensil tukang dan penggaris kayu ukuran 1 m. Desain terdiri dari gambar persegi dengan panjang sisi 5 cm.

f. Memasang paku pada titik pertemuan atau sudut-sudut pada persegi sisi 5 cm tadi.

g. Mengecat bagian depan dari alat peraga agar lebih menarik.

h. Menyiapkan angka-angka yang dilaminating, sumbu-sumbu x dan y, serta per yang dipotong sesuai panjang yang diiinginkan yang dilengkapi dengan ujung dan pangkal vektor.

i. Alat peraga siap digunakan.

5. Kegunaan alat peraga

Adapun kegunaan dari alat peraga “papan vektor” ini adalah sebagai alat peraga dalam pembelajaran matematika terutama pada materi pengenalan diagram cartesius, transformasi geometri, dan operasi vektor. Selain itu alat peraga ini juga dapat membantu memaksimalkan pembelajaran ke arah meaningfull learning serta pola pembelajaran kooperatif.

6. Cara penggunaan alata peraga

· Untuk materi pengenalan diagram cartesius

a. Menempatkan angka-angka dalam sumbu X dan Y dengan ketentuan : angka berwarna merah sebagai sumbu positif dan angka yang berwarna hijau sebagai sumbu negatif.

b. Selanjutnya peserta didik diajak berpartisipasi dalam pengenalan diagram cartesius. Misalnya peserta didik diajk mencari sebuah titik yang koordinatnya sudah diberikan oleh guru.

· Untuk materi transformasi geometri

a. Pertama, membuat bangun datar dengan menggunakan per pada titik-titik sudut (titik koordinat) yang sudah ditentukan.

b. Selanjutnya dengan ketentuan jenis transformasi, bangun datar yang terbentuk dapat ditransformasikan dengan mengubah titik koordinatnya. Adapun jenis transformasi yang dapat dilakukan, antara lain dilatasi, translasi, rotasi, dan refleksi.

· Untuk materi operasi vektor.

a. Menentukan vektor dan arahnya yang akan dioperasikan.

b. Kemudian menentukan titik koordinat pangkal dan ujung vektor.

c. Selanjutnya menentukan jenis operasi vektornya.

d. Operasi dapat diilustrasikan sesuai titik koordinatnya.

7. Publikasi

Publikasi dari hasil karya alat peraga ini adalah melalui kegiatan pameran terbuka atau expo yang diadakan pada hari rabu, 4 Januari 2012 di lantai 1 fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan pengunjung 135 orang.

C. Penutup

Demikian laporan ini kami buat sebagai dokumentasi autentik dari praktikum mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika. Harapan kedepan semoga dengan adanya laporan ini menjadi petunjuk bagi pengembangan pembuatan alat-alat peraga yang lain.

Yogyakarta, 6 Januari 2012

a.n kelompok

Apria Safitri

Lampiran

Hasil dokumentasi.

Tidak ada komentar: