Rabu, 11 Januari 2012

SPM

Pengertian StrAtegi, Metode, TEKNIK, dan Pendekatan Pembelajaran

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011

Strategi

Strategi digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan

Militer

Cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan

- Kekuatan pasukan (kuantitas & kualitas)

- Informasi kekuatan lawan

- Menyusun tindakan à siasat, taktik, teknik, waktu penyerangan, dsb.

Sepakbola

Untuk memenangkan pertandingan

- Potensi tim

- Pola penyerangan

- Pola pertahanan

- Kekuatan lawan

Pengertian Strategi

Strategi dalan Pendidikan berarti

a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal

(J.R. David, 1976)

Strategi pembelajaran

Merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) : penggunaan metode, pemanfaatan berbagai sumber daya/ kekuatan dalam pembelajaran

Disusun untuk mencapai tujuan tertentu

Sehingga perlu dirumuskan TUJUAN yang dapat diukur keberhasilannya, sebelum menentukan strategi.

Kemp (1995)

Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien

Dick and Carey (1985)

Strategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Strategi:

  1. Ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai.
  2. Rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran tertentu

Bagaimana upaya mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan tercapai secara optimal???

Pendekatan
* Titik tolak, sudut pandang terhadap proses pembelajaran, dan masih bersifat sangat umum.

Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu

Metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi.

“Strategi” is a plan of operation achieving something

“Metode” is a way in achieving something

Ada 2 macam pendekatan, yaitu:

  1. Pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered approach) -> menurunkan strategi pembelajaran langsung, deduktif, ekspositori
  2. Pendekatan yang berpusat pada siswa (student centered approach) -> menurunkan strategi pembelajaran discovery, inkuiri, induktif.

PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Pendekatan Konstruktivis

Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika

Pendekatan Open-Ended

Pendekatan Realistik

Pendekatan Konstruktivis

Prinsip Utama: Pengetahuan dibangun sendiri oleh siswa.

Guru seharusnya mengetahui pengetahuan awal yang ada pada siswa dan memanfaatkannya untuk menyampaikan materi berikutnya.

Tujuan membangun pemahaman. Belajar menurut pandangan konstruktivis tidak menekankan untuk memperoleh pengetahuan yang banyak tanpa pemahaman.

Guru bukan seseorang yang harus selalu diikuti jawabannya. Di dalam kelas konstruktifis para siswa diberdayakan oleh pengetahuannya sendiri. Mereka berbagi strategi penyelesaian, berdiskusi, melakukan penyelidikan untuk menyelesaikan setiap masalah.

Pendekatan Pemecahan Masalah

Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya.

Siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta ketrampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat tidak rutin.

Melalui kegiatan ini aspek-aspek kemampuan matematika menjadi penting seperti penerapan aturan pada masalah yang tidak rutin, penemuan pola, pengeneralisasian, komunikasi matematika, dan lain-lain dapat dikembangkan secara lebih baik.

Empat Fase Penyelesaian Masalah Menurut Polya

memahami masalah

merencanakan penyelesaian

menyelesaikan masalah sesuai rencana

melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah telah dikerjakan

Ada 3 hal yang perlu dipikirkan yang berkaitan dengan pemecahan masalah

Pembelajaran melalui pemecahan masalah

Pembelajaran tentang pemecahan masalah

Pembelajaran untuk pemecahan masalah.

Soal yang merupakan “masalah”

Soal rutin biasanya mencakup aplikasi suatu prosedur matematika yang sama atau mirip dengan hal yang baru dipelajari.

Sedangkan dalam masalah tidak rutin, untuk sampai pada prosedur yang benar diperlukan pemikiran yang lebih mendalam.

Strategi untuk memecahkan masalah :

Strategi Act It Out

Membuat Gambar atau Diagram

Menemukan Pola

Membuat Tabel

Memperhatikan Semua Kemungkinan Secara Sistematik

Tebak dan Periksa

Strategi Kerja Mundur

Membuat Model

Menyelesaikan Masalah yang Mirip atau Masalah yang lebih Mudah.

Pendekatan Open-Ended

Pembelajaran dengan Open Ended biasanya dimulai dengan memberikan problem terbuka kepada siswa.

Kegiatan pembelajaran harus membawa siswa dalam menjawab permasalahan dengan banyak cara dan mungkin juga banyak jawaban yang benar.

Pendidikan Realistik Matematika
(RME)

Menurut Streefland (1991) terdapat lima prinsip utama dalam belajar mengajar yang berdasar pada pengajaran realistik adalah:

Menggunakan masalah-masalah kontektual.

Menggunakan model-model, situasi, skema, dan simbol-simbol.

Membawa siswa dari tingkat informal ke tingkat formal.

Adanya kegiatan interaktif sebagai karakteristik dari proses pembelajaran matematika.

Intertwinning(membuat jalinan) antar topik atau antar pokok bahasan.

Metode:

  1. Cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud.
  2. Cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan

Teknik:

  1. Pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hal industri
  2. Cara untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni
  3. Cara sistematis mengerjakan sesuatu

Resume :

Strategi : perencanaan untuk mencapai tujuan

Metode : cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi

Pendekatan (approach) : titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran.

Pandangan tentang terjadinya suatu proses yg sifatnya masih sangat umum

Teknik mengajar : cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode

Taktik mengajar : gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu

Guru Hebat: Bukan yang banyak omong tanpa bukti

Guru Hebat: Bukan yang senang dipuji dan obral janji

Guru biasa selalu menjelaskan

Guru baik mendemonstrasikan

Guru hebat menginspirasikan

Tidak ada komentar: